Lapis Puding Buah

Posted by Lizia - humaam on Rabu, 02 Februari 2011



Lapis Puding buah



Foto lapis puding buah ada di barisan tengah.

Pada Resep ini terdapat tiga adonan yaitu adonan cake, adonan busa, adonan agar bening.

Cake

Bahan A
Telur utuh 2 butir
Kuning telur 9 butir
Gula halus 70 gram
Cake emulsifer 6 gram/ 1/2 sdm

Bahan B
Terigu kunci biru 40 gram
Susu bubuk 7.5 gram
Vanili bubuk 0.5 gram

Bahan C
Margarin 125 gram

Bahan lainnya
Pasta Condensed milk (Contoh: merk hamer) Optional secukupnya

Prosedur Kerja

1. Siapkan sebuah loyang 26x26x4. Olesi dasar loyang dengan margarin lalu alasi dengan kertas roti
2. Lelehkan margarin di atas kompor. Jangan sampai margarin meleleh semuanya biarkan beberapa margarin yang belum leleh. Matikan api, angkat. Aduk-aduk hingga margarin meleleh semuanya. Biarkan hingga tidak panas lagi.
3. Kocok bahan A dengan kecepatan tinggi hingga kental berjejak dan membuat jambul petruk. Tes jejak tidak akan hilang selama 5 detik, Kurangi hingga kecepatan rendah, kocok adonan sebentar dengan memutar secara perlahan. Untuk mengurangi gelembung-gelembung udara dalam adonan.
4. Campur bahan B. Masukkan bahan B ke dalam bahan A sambil di ayak. Aduk balik adonan dengan spatula. Masukkan bahan B perlahan-lahan hingga 2-3 kali.
5. Masukkan bahan C sedikit demi sedikit sambil aduk balik dengan spatula. Aduk hingga ke dasar agar tidak ada mentega yang tertinggal di dasar adonan.
6. Masukkan pasta condensed milk secukupnya lalu aduk rata.
7. Tuangkan ke dalam loyang. Panggang dengan oven 200 C dengan api bawah selama 10 menit atau hingga matang. Lakukan tes tusuk.

Busa
Bahan A
Putih telur 125 gram
gula pasir 55 gram

Bahan B
Agar-agar 1 bungkus
gula pasir 55 gram
air 250 ml

Bahan C
Susu kental 3sdm
Essens jeruk secukupnya

Prosedur kerja

1. Kocok bahan A dengan kecepatan rendah dan sedang hingga softpeak. Bila adonan diangkat dengan spatula, putih telur tidak jatuh ke bawah, tetapi putih telur tidak terlalu kaku. Sisihkan.
2. Dalam wadah lain, campurkan bahan B lalu masak hingga mendidih. Matikan api, angkat
3. Masukkan susu kental dan essens jeruk ke dalam bahan B. Lalu masukkan juga bahan A hingga tercampur rata. Sisihkan adonan busa.

Agar bening

Bahan

Agar-agar 1 bungkus
air 500 ml
gula pasir 100 gram

Bahan lainnya buah Kaleng

Prosedur kerja
1. Masak agar-agar air dan gula pasir hingga mendidih. Aduk-aduk hingga uap panas tidak ada lagi. Bisa dibawahnya ditaruh wadah yang berisi air.

Penyelesaian
1. Siapkan sebuah loyang 24x24x7. Olesi dasar loyang dengan mentega lalu alasi dengan kertas roti.
2. Letakkan cake ke dalam loyang, bisa diiris pinggiran cake hingga cake muat ke dalam loyang. Tapi jangan sampai kurang dari ukuran loyang, krn adonan puding bisa turun. Bila ukuran cake lebih, tinggal tekan-tekan pinggiran cake agar muat masuk ke loyang.
3. Siram dengan adonan busa dan taburi dengan buah kaleng.
4. Masukkan agar bening sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok. Supaya agar bening tidak turun kebawah. Diamkan hingga mengeras di suhu ruang.

Tips:
1. Sebelum cake masuk ke dalam oven, panaskan oven selama 10-15 menit
2. Margarin bisa diganti dengan mentega, Bila menggunakan mentega maka, condensed milk bisa tidak dipakai. Karena mentega sudah membuat harum kue.
3. Olesi loyang hanya dasarnya saja, tidak perlu di pinggir-pinggirnya. Karena akan membuat cake mengkerut ke tengah. Untuk memudahkan mngeluarkan cake dari loyang tinggal "menyisir" pinggiran loyang dengan pisau.

Blog, Updated at: 14.27

0 komentar:

Categories

Komentar terakhir

Follow