Seserahan dan Uang asap Adat Palembang

Posted by Lizia - humaam on Kamis, 18 Desember 2014

"Udah nyicil seserahan belum?"

Pertanyaan yang suka ditanya teman. Setelah beberapa orang nanya begitu, saya pun jadi tergerak hati untuk mau nyicil mulai dari sekarang. Karena kewajibannya untuk calon suami adalah mahar. Jadi untuk seserahan ini tidak semuanya dari pihak lelaki. Kasihan aja, meringankan, jadi ada beberapa yang saya beli sendiri. Misal makeup, skincare, toiletris, beli sendiri, dan udah punya juga. Tidak usah beli lagi. 

Dan karena di adat palembang wajib ada songket palembang. Orang tua saya bilang, kalau pakai saja songket punya ibu saya dulu waktu nikah. ^_^. Sayangkan uangnya dipakai untuk beli kain songket, yang dimana harganya mahal pake banget itu. Terus gak begitu dipakai juga. Awalnya mau beli songket2an mesin di tanah abang, tapi kata ortu jangan nanti lunturlah(emang bisa?). Bahkan teman saya bilang, rahayu, lho orang luar kota aja beli disini! Diputuskan pakai songket asli saja punya orang tua saya.

Sebelum beli-beli barang selanjutnya, saya harus buat list dulu Setelah baca-baca dan nanya teman, titis, dia asli palembang jadi taulah apa aja yang wajib ada. Biasanya untuk adat palembang seserahannya adalah kelipatan 12. Asli saya pusing. Karena setelah saya buat list seserahan malah lebih 12, tapi untuk ke 24 terlalu banyak. Saya berencana nyontek teman (beginian doang nyontek?). Saya tanya teman saya rahayu, dan ternyata rahayu juga nyontek sama si Rara. Haha. o_0

Agak shocked baca seserahan rara ada 24. Ternyata kata titis seserahan jumlah 20an atau 30an itu biasa Ooooh. Hmm, bisa banyak sampai 24 karena dimasukkan berupa sembako, buah, kue kuean. Bahkan kata Rara dia tidak memasukkan semacam bawang merah, bawang putih, beras. Oke saya utak atik list seserahan setelah nyontek sana sini, baca, google, nanya. Berikut daftar seserahan.

1.  Seperangkat alat sholat : Mukena, sajadah, alquran, tasbih
2.  Skincare
3.  Makeup
4. Lingerie : baby doll, kimono
5.  Underwear : bra dan cd
6. Songket
7.  Baju pesta dan perlengkapannya
8.  Baju biasa dan perlengkapannya
9. Perhiasan
10. Handuk : Handuk mandi besar kimono
11. Alat mandi : Shower gel, sabun, scrub,  shower puft, 
12. Perawatan tubuh : Body lotion, conditioner, Shampoo, Parfum
13. Tas pesta
14. Sepatu pesta
15. Gandum
16. Mentega
17. Gula
18. Teh dan minuman : Nutrisari, sariwangi
19. Susu
20. Biskuit dan madu
21. Uang asap
22. Buah-buahan
23. Kue maksuba : kue khas palembang
24. Kue engkak ketan : kue khas palembang

Huft sekian. Mungkin masih bisa berubah lagi. Untuk baju, sepatu, dll nanti mau dibeli di tanah abang sama cami dan calon mertua sekalian beli kain. Untuk perhiasan rencana beli di jatinegara. Sedangkan sembako dan kue kuean, cami kasih uang saja ke saya, dan saya akan beli sendiri disini. 

Uang asap. Apa itu uang asap? salah seorang teman saya-ulfa. Tanya apa itu uang asap. 
Uang asap itu uang dari keluarga calon suami, untuk keluarga calon istri, digunakan untuk membiayai resepsi pernikahan. Jadi yang mengurus pernikahan adalah keluarga mempelai wanita. Sedangkan mempelai pria memberikan uang asap.

Untuk akad seserahan nanti, uang asap hanya diberikan sedikit saja, hanya sebagai representasi. Berikut contoh hias uang asap. Diambil dari instagram syahenna.


 Tapi untuk hiasan uang asap ini, saya tidak dihias seperti itu. Tapi dibingkai. Karena mahar saya emas, jadi tidak akan dihias2. Dan juga direncanakan sebagai simpanan kami. Maka untuk hiasan uang ini mau yang bisa dibingkai biar bisa dipajang dirumah. Hehe.Setelah dilihat-lihat hias uang dengan boneka barbie keren ih, lucu. Ini contoh hiasan uang barbie yang saya taksir. Tapi yang punya saya menggunakan bingkai ulir putih, dan nama kami dengan bg warna pink fanta. bg pinggir warna silver.
Untuk urusan hias seserahan dan uang ini saya menggunakan syahenna. Saya tahu tentang syahenna diberi tahu oleh teman saya-desti. Ternyata kakak tingkat kami kuliah, teknik informatika bilingual unsri, kak anggie, bisa untuk hias seserahan juga, namanya syahenna. Bisa lihat-lihat contohnya di instagram siscasyahenna, apalagi kalau banyak bisa dapat diskon. Hehe.


Untuk hias seserahan jenisnya ada banyak, ada dari kotak biasa, seperti contoh gambar uang asap, dari kotak mika, dari akrilik, dari sangkar burung, dari rotan (khusus sembako). Paling mahal dari akrilik, kotaknya terbuat dari kaca. Kalau saya pribadi ambil campuran, ada yang dari mika, rotan, dan sangkar burung.


Dari sangkar burung.
 LUCUK.

Bentuknya cangkir untuk sembako.
LUCUK juga.


Ada untuk perhiasan. Which is di seserahan saya ada perhiasan.






Blog, Updated at: 18.33

5 komentar:

Iftina Rasyida mengatakan...

wuaaaaaa banyak juga ya ribeet. ga kebayang itu kalo uang asapnya dimasukin kesitu semua haha

Unknown mengatakan...

Siscasyehnna design nya bagus bingit yahhhh... jdi suuuukkaaa put :) :D

De Prims mengatakan...

Saya lamaran bulan April, rencana akad nikah dan resepsi bulan july, yang mau saya tanyakan saat lamaran itu apa saja yg dibawa dari pihak laki-laki, dan untuk akadnya apa saja yang dibawa.

Terimakasih atas jawabannya, karena sangat membantu saya.

Unknown mengatakan...

Saya mau tanya. Kalau dari pihak laki laki memberikan uang sejumlah 15 juta itu kira kira cukup gak

dfdfd mengatakan...


Menikah adalah tujuan dan impian Semua orang, Melalui HIS Graha Elnusa Wedding Package , anda bisa mendapatkan paket lengkap mulai dari fasilitas gedung full ac, full carpet, dan lampu chandeliar yg cantik, catering dengan vendor yang berpengalaman, dekorasi, rias busana, musik entertainment, dan photoghraphy serta videography.
Hubungi : 0822 – 9914 – 4728 (Rizky)
Kenyaman dan kemewahan yang anda dapat adalah tujuan utama kami.

Categories

Komentar terakhir

Follow