Investasi perak

Posted by Lizia - humaam on Sabtu, 19 November 2011




Kali ini saya beralih dari emas perak. Perak adiknya emas, saat tulisan ini dibuat harganya sekitar $32.41/oz. Dilihat dari kenaikan emas sejak 10 tahun, emas naik 3 kali lipat. Bagaimana dengan perak? ternyata si adik ini melampaui kakaknya dengan naik sebanyak 10 kali lipat. Idealnya perbandingan emas dan perak adalah 1:15 atau 1:10. Tapi harga perak sekarang jauh dibawah standar yang artinya, perak masih dianggap sangat murah. Dulu emas batangan harganya satu gram hanya 5000. Sekarang sudah 500 ribu. Artinya perak suatu saat juga akan meroket dan akan kembali ke perbandingan 1:10.

Maka saatnya membeli perak juga, logam mulia tidak hanya di dominasi oleh emas. Diluar negri orang-orang sudah banyak yang membeli perak.

Bagaimana membeli perak?

Perak ada yang berbentuk granule, koin atau batangan. Tentu saja lebih cantik untuk membeli koin dan batangan. Saat ini terdapat beberapa penjual perak import. Perak import biasanya tidak ada sertifikat. Oleh karena itu harap berhati-hati dalam membelinya.

Adakah perak indonesia?

Alhamdulilah ada.

Perak di indonesia sendiri terbagi dua. Yaitu dalam bentuk dirham. Dan dalam bentuk perak batangan. Dirham diproduksi oleh tiga produsen yaitu, gerai dinar(sertifikat antam), wakala nusantara, dan dinar first. Sejak februari 2011 kemarin PT HMV bullion telah menjual perak batangan, lokasi kantornya ada di batam. Perak HMV ini sebenarnya dicetak oleh antam dan mempunyai sertifikat dari antam. Untuk membeli perak hmv telah terdapat beberapa penjual atau membeli langsung dari website. Mengambil peraknya bisa di batam atau di kantor hmv jakarta, yaitu di hotel jw marriot lt 5.

Mana yang lebih baik itu tergantung dari masing-masing orang.

Bagaimana perawatan perak ?

Memang perak lebih mudah teroksidasi. Lebih bagus jika membeli perak yang telah dibungkus kedap udara, biasanya perak impor. Jika tidak, maka simpanlah dalam wadah seperti tupperware, kemudian beri silica gel.

Cara membersihkan perak?

Jangan membersihkan perak dengan odol atau shampo. Karena akan membuat berat perak berkurang. Bersihkan dengan pembersih khusus perak, misalnya siver polish.

Blog, Updated at: 16.36

1 komentar:

Investor Sibuk mengatakan...

Karena cenderung bereaksi dengan udara, tidakkah kemurnian perak akan berkurang seiring berjalannya waktu. Selain itu, belum likuid juga di sini. Ini tantangan dalam berinvestasi selain dalam bentuk paper maupun emas...

Categories

Komentar terakhir

Follow