Week 1 Industrial operation Management

Posted by Lizia - humaam on Jumat, 16 Juli 2010

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hari pertama kuliah saya di UTM malaysia adalah mata kuliah Industrial Operations Management. Ternyata dosen mata kuliah ini juga orang palembang. ^_^ Wong kito galo. Beliau adalah adik dari pak jambak—dosen sistem informasi di teknik informatika bilingual.

Walaupun begitu perkuliahan tetap dilakukan dengan memakai bahasa inggris. Berikut rangkuman pelajaran yang di dapatkan di minggu pertama. Pertama-tama dosen menjelaskan mengenai silabus matakuliah Operation Management, apa saja yang akan dipelajari selama satu semester ke depan.

Week 1

• Apa itu Operation Management?
• Cara Mengorganisir barang dan jasa
• Mengapa perlu belajar Operation Management ?
• Apa yang harus dilakukan oleh Manager operasi ?

Apa itu Operation Management

"Produksi adalah penciptaan barang dan jasa yang memiliki nilai-nilai"

Manajemen operasi adalah serangkaian kegiatan yang menciptakan nilai-nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.

Cara Mengorganisir barang dan jasa

Fungsi penting:

1. Pemasaran: Menghasilkan permintaan yang di dapat dari pelanggan. ( Eksternal)

2. Produksi / operasi : Menciptakan produk

3. Keuangan / akuntansi : Seberapa baik pengorganisasian dilakukan, membayar tagihan, mengumpulkan uang (Internal)

Mengapa belajar manajemen operasi ?

OM adalah salah satu dari tiga fungsi utama (pemasaran, keuangan, dan operasi) dari setiap organisasi. Kita menginginkan (dan perlu) untuk mengetahui bagaimana barang dan jasa dihasilkan. Kita ingin memahami apa yang dilakukan manajer operasi. Om adalah suatu bagian yang banyak mengeluarkan uang dari suatu organisasi

Mengapa tiket air asia bisa lebih murah dari tiket airline yang lainnya?

Dikarenakan manajemen operasi air asia dapat memangkas biaya produksi—hanya melakukan service yang penting serta dibutuhkan saja. Jasa air asia dioperasikaan dengan biaya murah dengan tetap tidak meremehkan kualitas. Biaya produksi berbanding lurus dengan harga tiket, semakin mahak biaya produksi maka biaya tiket juga akan semakin mahal. Contoh yang dilakukan oleh manajemen operasi air asia :


1. Penumpang hanya membayar sesuai dengan yang dibutuhkan.

2. Bagasi penumpang tidak termasuk dalam biaya tiket. Sehingga penumpang yang mempunyai bagasi 7 kg tidak perlu membayar biaya bagasi 20 kg.

3. Makanan dalam pesawat tidak termasuk dalam biaya tiket. Bila melakukan perjalanan yang singkat misal 55 menit, kebanyakan penumpang tidur di dalam pesawat. Sehingga tidak sempat makan, dengan begitu penumpang tidak perlu membayar dalam hal ini makanan.

4. Penggunaan alat makan juga tidak harus dengan alat makan yang bagus. Sendok, garpu atau tisu dengan tulisan. Karena walaupun dengan sendok biasa penumpang tetap bisa makan, dan mengecilkan biaya produksi.

5. Pesawat air asia sangat jarang terlihat lama parkir di suatu bandara. Parkirnya pesawat di suatu bandara juga diberlakukan tarif parkir(Ternyata bukan cuma mobil dan motor bayar parkir). Tiap bandara berbeda-beda tarif parkir, tentu saja semakin lama suatu pesawat parkir maka akan semakin mahal tarifnya dan ini berimbas pada biaya produksi.

Apa yang harus dilakukan oleh Manager operasi ?

Dasar fungsi-fungsi manajemen

• Planning
• Organizing
• Staffing
• Leading
• Controlling

10 Keputusan Kritis

1. Desain Barang dan Jasa

• Apa barang dan jasa yang harus ditawarkan ?
• Apa yang harus di desain pada produk dan jasa tersebut?

2. Mengelola kualitas

• Bagaimana kita mendefinisikan kualitas ?
• Siapa yang bertanggung jawab atas kualitas ?

3. Perancangan proses dan kapasitas

• Apa proses dan kapasitas yang dibutuhkan dalam produk ini ?
• Peralatan dan teknologi apa yang diperlukan pada proses ini?

4. Strategi lokasi

• Dimana kita harus menempatkan fasilitas tersebut ?
• Apa saja kriteria yang dibutuhkan berdasarkan keputusan lokasi?

5. Tata letak strategi

• Apakah kita harus mengatur fasilitas tersebut?
• Seberapa besar keharusan fasilitas tersebut dalam memenuhi rencana ?

6. Sumber daya manusia dan pekerjaan

• Bagaimana kita menyediakan lingkungan kerja yang masuk akal?
• Berapa banyak prakiraan karyawan untuk produk tersebut ?

7. Manajemen rantai suplai

• Apakah kita harus membeli komponen ini ?
• Siapakah pemasuk kita? Dan siapa yang dapat mengintegrasikan dengan program e-commerce ?

8. Persediaan bahan persyaratan perencanaan dan JIT

• Berapa banyak persediaan tiap-tiap item ?
• Kapan kita mengulang order ?

9. Jadwal jangka pendek dan menengah

• Apakah lebih baik kita menjaga orang dalam daftar gaji selama perlambatan ?
• Apa perkerjaan yang harus kita lakukan selanjutnya ?

10. Pemeliharaan

• Siapa yang bertanggung jawab untuk pemeliharaan ?
• Kapankah kita melakukan pemeliharaan ?

Tugas Perkelompok

1. Competition between boeing and airbus. (How to win the competition)

2. Strategi pizza domino and pizza hut ( How to manage strategy in us and global)

Download
Chapter 1

Blog, Updated at: 10.24

1 komentar:

humaam mengatakan...

dikira tuh gmn materinya ternyata..... alhamdullilah materi seperti ini sudah didapatkan di sini hahah gg tq

Categories

Komentar terakhir

Follow