Cara Menjadi Kaya

Posted by Lizia - humaam on Minggu, 25 April 2010

Apakah anda ingin menjadi orang kaya ?

Tentu sebagian besar orang akan menjawab YA. Siapa yang tidak mau menjadi kaya, saya sendiri juga mau menjadi orang kaya. Akan tetapi tidak semua orang bisa mewujudkan hal tesebut termasuk tidak semua orang “ulet” dalam proses menjadi seseorang yang kaya. Berikut kiat-kiat untuk menjadi orang kaya. Tapi tunggu dulu kiat-kiat ini bukanlah hasil pemikiran saya, tapi hasil “browsing” sana sini dari berbagai sumber. Semoga kiat-kiat ini bisa bermanfaat bagi siapa yang membacanya, termasuk bermanfaat juga bagi saya sendiri.

1. Tentukan Definisi kaya


Menurut Majalah FORBES orang kaya adalah mereka yang sekurang-kurangnya mempunyai penghasilan 1 juta dollar Amerika setahun.

Menurut Robert T. Kiyosaky/Buckminster Fuller orang kaya adalah apabila Passive income-nya lebih besar dari biaya hidup. Passive Income adalah uang yang masuk tanpa bekerja

Kaya secara finansial artinya memiliki aset produktif di luar diri sendiri, dan mampu mempertahankan atau malah mengembangkan aset-aset produktifnya itu. Kekayaan adalah mampu mensyukuri apa yang diberikan tuhan. Tentu saja definisi kaya bagi tiap orang itu berbeda.

Apa definisi kaya menurut anda? Apakah mempunyai rumah mewah dan mobil? Atau mempunyai simpanan emas? Deposito? Apapun definisi kaya menurut anda, itu tidak masalah. Dengan mengetahui apa definisi kaya. Ini bisa mempermudah dalam mengevaluasi apakah anda sudah kaya atau belum menurut definisi anda tersebut.

2. Tentukan Tujuan yang Realistis

Tujuan secara realistis, ya. Mulailah dengan lebih realistis dan detail. Misalnya tujuan anda “Ingin mempunyai uang tabungan 1 Milyar ketika umur 40 tahun” Semakin detail tujuan anda semakin bagus. Bila anda ingin mempunyai rumah, tentukan rumah yang seperti apa, ukurannya berapa, di daerah mana, harganya berapa, di usia berapa anda membelinya dan lain-lain. Semakin realistis dan detail tujuan anda maka akan semakin baik.

3.Tentukan Cara Mendapatkan Tujuan

Tanpa mengetahui jalan atau cara mencapai suatu tujuan adalah sia-sia. Kita harus mengetahui cara apa yang akan dilakukan demi mendapatkan tujuan tersebut. Misalnya ingin mempunyai rumah, bagimana caranya memdapatkan rumah? Apakah dengan KPR atau membuat sendiri ataukah ingin menabung uang terlebih dahulu. Investasi seperti apa yang akan anda lakukan? Apakah Deposito, Reksadana, Logam mulia, sektor real dan lain-lain.

Setelah tiga tahap tersebut, maka evaluasi kembali apakah tujuan anda tercapai. Bila tidak cari tahu dimana kurangnya, apakah cara-cara yang anda lakukan kurang atau salah dan lain-lain. Ulangi tahap-tahap tersebut hingga anda berhasil mencapai hasil sesuai keinginan.

Blog, Updated at: 21.44

2 komentar:

humaam mengatakan...

pasive income itu hal yang non solid

kita mendapat apa yang kita tanam

kaya itu ketika seseorang dapat memenuhi semua keinginannya

abdurrahman humaam

pada hakikatnya keinginan manusia tidak pernah habis jadi tidak ada orang kaya.

namun kemampuan bersyukur atas nikmat menjadi patokan kekayaan sesungguhnya

lizia mengatakan...

investor aktif investor pasif
enak kalo dua duanya bisa ya..

harus cari anak buah yang setia dulu nih

Categories

Komentar terakhir

Follow