Catatan Pengeluaran perbulan pentingkah ?

Posted by Lizia - humaam on Senin, 04 April 2011




Menurut saya pribadi mempunyai catatan pengeluaran termasuk hal yang cukup penting. Dengan adanya catatan pengeluaran kita mengetahui kemana saja uang-uang yang telah dikeluarkan. Berapa persen uang yang kita gunakan untuk investasi, rumah tangga, hutang, dan lain-lain. Hal yang lebih jauh lagi dengan mengetahui kebutuhan perbulan maka kita bisa menghitung dana darurat, dana pensiun, dll. Catatan pengeluaran merupakan hal dasar dalam melakukan perencana keuangan. Mungkin jaman dulu catatan masih memakai cara manual dengan tulisan tangan. Jaman sekarang sudah banyak software ataupun alat bantu dalam mencatat pengeluaran.

Saya sendiri menggunakan Excel dalam membantu pencatatan pengeluaran. Format excel yang saya gunakan sudah sering berganti-ganti, dan mungkin akan terus berganti seiring dengan tambahnya kebutuhan. Biasanya tiap malam saya mengotak atik excel untuk mengetahui kemana saja keluarnya uang saya. Tapi walau begitu masih saja ada selisih, yang kurang atau lebih walaupun sedikit. Lama-kelamaan saya kurang menghiraukan bila selisihnya sedikit. Ini sering terjadi bila saya malas mencatat di Excel. Bisa berhari-hari sehingga ketika mencatat ada yang kelupaan dan terjadi selisih.

Kemalasan merupakan penghalang saya dalam mendisiplinkan pencatatan pengeluaran. Terkadang saya menyimpan dulu di handphone kemudian baru memasukkan ke excel. Sebenarnya di hp saya ada excel, tapi saya kurang suka memakainya di hp. Mungkin suatu saat bisa ada alat bantu pencatatan pengeluaran per bulan di handphone yang gratis, dan juga bisa di transfer ke komputer. Atau sudah ada? tapi saya belum tahu?. Entahlah saat ini saya masih setia dengan Excel.

nb: format Excel catatan pengeluaran perbulan saya bisa di download disini

Blog, Updated at: 20.06

0 komentar:

Categories

Komentar terakhir

Follow